Rabu, 24 Juli 2013

UPK Cibatu Terima Kujungan dari Worlbank dan Maroko





PURWAKARTA, Setelah dua kali gagal akan berkunjung ke Unit Pengelola Kegiatan (UPK) Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat (PNPM) Mandiri Perdesaan, akhirnya hari ini Selasa (28/5) Worldbank berkunjung bersama tamu dari Maroko yang akan melihat perkembangan dan kemajuan UPK Kecamatan Cibatu Kabupaten Purwakarta untuk dijadikan studi banding.
“dengan hadirnya wordlbank bersama tamu dari Maroko merupakan kehormatan bagi kami, dan ini merupakan rencana ketiga dan sebelumnya sudah dua kali gagal” ungkap Aam Syamsiah Katua UPK , Selasa (28/5).
Dikatakannya, UPK sendiri sudah memperiapkan kedatangan tamu ini melalui koordinasi dengan masing-masing desa penerima manfaat melalui Tim Pengelola Kegiatan (TPK) baik Simpan Pinjam kelompok Perempuan (SPP) maupun hasil dari pendanaan fisik berupa bangunan dan prasarana jalan. “pihak TPK sendiri sudah menunggu sejak rencana pertama datang yang gagal, dan hari ini dengan kesipan yang ada tamu dapat diajak ke masing-masing desa penerima manfaat dan mereka cukup puas melihat langsung kegiatan ibu-ibu produksi rumahan yang didanai PNPM-MP” jelasnya.
Tamu sendiri sebanyak 24 orang dan dibagi menjadi enam tim dengan masing-masing tim empat orang. “enam desa yang dikunjungi setiap tim didampingi dari UPK. Mereka melihat langsung kegiatan kelompok SPP dimasing-masing desa tersebut dengan kegiatan kelompok berbeda. Mudah-mudahan ini menjadi pelajaran bagi kelompok dalam mengelola dana sebaik mungkin sehingga dapat dijadikan contoh bagi orang lain” tuturnya.
Natalia Destiningrum ST, Fasilitator Tekhnik (FT) PNPM Mandiri Perdesaan Kecamatan Cibatu mengungkapkan, dengan datangnya tamu ini menjadi pelajaran bagi kelompok dan TPK di masing-masing desa. “kami telah mempersiapkan seluruh TPK khususnya yang berkaitan dengan pendanaan fisik. Baik hasil fisik yang telah dibangun maupun alur program sehingga dibangunnya fisik tersebut” terangnya.
“untuk Kecamatan Cibatu pendanaan fisik sudah sesuai aturan, kami selalu pembinaan ke desa penerima manfaat melalui TPK nya dan mereka cukup mengerti dan melaksanakan proses kegiatan dilapangan sesuai dengan yang kita harapkan” tuturnya.
Asep Suparman,  Kabid Pemberdayaan Masyarakat - BKBPIA Purwakarta yang turut mendampingi mengungkapakan, dengan adanya studi banding ini menjadikan motivasi khusunya bagi pengelola PNPM-MP di Kecamatan Cibatu. “diharapkan menjadi motivasi bagi pelaku PNPM-MP di  Kecamatan Cibatu sehingga kedepan kinerja lebih baik lagi” singkatnya.

0 komentar:

Posting Komentar