Rabu, 24 Juli 2013

RBM PNPM Mandiri Perdesaan Padukan Inisiatif Lokal Dan Pengawasan Masyarakat

Pengembangan ruang belajar masyarakat (RBM) Progam Nasional Pemberdayaan Masyarakat Mandiri Perdesaan (PNPM-MP), dipandang perlu keberadaannya, karena mampu memadukan pendekatan pemberdayaan dengan inisatif lokal dalam kaitan pengawasan berbasis masyarakat.

“RBM berperan memandirikan masyarakat melalui upaya
penyadaran dan peningkatan kafasitas dan perorganisasian
 sebagai hakekat dari kegiatan pemberdayaan masyarakat
” ujar Drs Asep Suparman Kepala Bidang (Kabid) Pemberdayaan Masyarakat didampingi
 Suryana SE Kasubid Peningkatan Sumber Daya
 dan Tribina BKBPIA Purwakarta kepada
 Buletin Istimewa
 Menurut Asep Suparman, dengan adanya RBM
 maka akan terbentuk sistem yang memungkinkan terjadinya keberlanjutan proses belajar kolektif   masyarakat. Disamping itu, juga tersedianya sarana dan prasarana pendukung untuk menunjang kebutuhan peningkatan kafasitas masyarakat dan berkembangnya kegiatan berbasis pengalaman lokal.
Untuk memperkuat jiwa dan peran serta tugas pelaku dalam pengembangan ruang belajar, lanjut Asep, maka perlu dikembangkan tempat pelatihan masyarakat baik desa, kecamatan maupun kabupaten. Dengan demikian, keberadaan RBM PNPM MP mampu memandirikan masyarakat yang ada di Kabupaten Purwakarta.
Sementara Suryana SE menambahkan, untuk meningkatkan SDM para pelaku RBM PNPM MP Kabupaten Purwakarta, Selasa ini digelar workshop RBM dimana didalamnya juga dilaksanakan sosialisasi dan pertanggungjawaban pengurus RBM periode 2011 serta pembentukan pengurus baru RBM PNPM MP Kabupaten Purwakarta periode 2012 - 2013 mendatang

0 komentar:

Posting Komentar